Peraturan Kompetisi OSN Informatika 2018

A. Teknis Umum

  1. OSN Informatika 2018 terdiri atas 1 hari uji coba dan 2 hari kompetisi.
  2. Hasil pada hari uji coba tidak termasuk dalam penilaian.
  3. Pada setiap hari kompetisi, terdapat 3 buah soal yang diujikan selama 5 jam.
  4. Setiap peserta mendapatkan jatah sebanyak 50 kali pengumpulan untuk setiap soal.
  5. Bahasa pemrograman yang diperbolehkan adalah C, C++, dan Pascal.
  6. Selama kompetisi, peserta hanya dapat melihat nilai diri sendiri.


B. Tipe Soal

  1. Terdapat 3 tipe soal yang mungkin diujikan: batch, interactive, dan output-only. Mungkin saja terdapat tipe soal yang tidak diujikan.

  2. Pada soal bertipe batch:
    1. Peserta membuat sebuah program yang membaca masukan kasus uji dari stdin dan mencetak jawaban ke stdout.
    2. Program harus mengeluarkan jawaban dalam batas waktu dan memori yang dinyatakan pada soal.
    3. Contoh soal: Pertahanan Pekanbaru, OSN 2017.
  3. Pada soal bertipe interactive:
    1. Peserta membuat sebuah program yang berinteraksi dengan program juri: program juri memberikan keluaran ke stdout, yang menjadi masukan stdin untuk program peserta, kemudian program peserta memberikan keluaran ke stdout, dan seterusnya, untuk mencapai tujuan tertentu yang dinyatakan pada soal.
    2. Program harus mengeluarkan jawaban dalam batas waktu dan memori yang dinyatakan pada soal.
    3. Contoh soal: Daratan dan Es, OSN 2017.
  4. Pada soal bertipe output-only:
    1. Peserta diberikan seluruh masukan dari kasus-kasus uji soal.
    2. Peserta menjawab dengan mengirimkan beberapa berkas keluaran yang sudah dikompres.
    3. Peserta tidak harus membuat program untuk menghasilkan berkas-berkas keluaran (boleh dikerjakan secara manual).
    4. Contoh soal: Wisata Palembang, OSN 2016.


C. Penilaian Soal

  1. Terdapat 2 jenis penilaian: standar dan kreatif. Soal dengan penilaian kreatif akan dinyatakan secara eksplisit pada soal.

  2. Pada penilaian standar:
    1. Untuk soal bertipe batch dan interactive:
      1. Setiap soal terdiri atas beberapa subsoal dengan bobot nilai yang bervariasi.
      2. Setiap soal terdiri atas beberapa kasus uji yang dikelompokkan ke dalam beberapa test group.
      3. Setiap test group termasuk ke dalam satu atau lebih subsoal.
      4. Untuk mendapatkan nilai pada suatu subsoal, peserta harus menyelesaikan seluruh test group yang termasuk pada subsoal yang bersangkutan, kecuali dinyatakan lain pada soal.
      5. Untuk menyelesaikan sebuah test group, peserta harus menyelesaikan seluruh kasus uji pada test group yang bersangkutan.
      6. Setiap soal mungkin memiliki beberapa subsoal terbuka yang mana isi kasus-kasus ujinya diberikan kepada peserta, sehingga memungkinkan dikerjakan secara manual.
    2. Untuk soal bertipe output-only:
      1. Setiap soal terdiri atas beberapa kasus uji dengan bobot nilai yang bervariasi.
      2. Untuk mendapatkan nilai pada suatu kasus uji, peserta harus menyelesaikan kasus uji tersebut.
  3. Pada penilaian kreatif:
    1. Penilaian akan diberikan relatif terhadap hasil yang diperoleh solusi juri.
    2. Rumus penilaian bervariasi untuk setiap soal, dan akan dinyatakan secara eksplisit pada soal.

    3. Contoh soal:


D. Penilaian Peserta

  1. Nilai peserta pada suatu soal merupakan nilai terbesar dari seluruh pengumpulan peserta pada soal tersebut.
  2. Total nilai peserta adalah total nilai yang didapatkan pada seluruh soal pada seluruh hari kompetisi.
  3. Peserta akan diurutkan peringkat berdasarkan total nilai (semakin besar, semakin bagus).
  4. Dua peserta yang memiliki total nilai yang sama akan mendapat peringkat yang sama.
  5. Waktu pengumpulan tidak berpengaruh sama-sekali pada peringkat peserta.


E. Sistem Grading

  1. Sistem grading yang digunakan adalah TLX.
  2. Besarnya berkas source code yang boleh dikumpulkan untuk setiap soal maksimum 300 KB.

  3. Untuk setiap kasus uji, balasan grader yang mungkin adalah:
    1. AC (Accepted): program berhasil menyelesaikan kasus uji dalam batas waktu dan memori.
    2. WA (Wrong Answer): program berhenti dalam batas waktu dan memori, namun menghasilkan keluaran yang salah.
    3. RTE (Runtime Error): program crash atas melebihi batas memori.
    4. TLE (Time Limit Exceeded): program melebihi batas waktu.
    5. Skipped: grading tidak dilakukan karena sudah ada kasus uji lain dalam test group yang sama yang tidak mendapatkan AC.


F. Klarifikasi

  1. Peserta dapat mengajukan klarifikasi soal dalam 2 jam pertama setiap hari kompetisi.
  2. Setiap klarifikasi hanya akan dijawab dengan salah satu dari balasan berikut:
    • Ya
    • Tidak
    • Baca soal lebih teliti
    • Tidak ada komentar
    • Baca pengumuman


G. Lain-Lain

  1. Peserta tidak boleh menggunakan barang-barang pribadi ke dalam tempat lomba, kecuali maskot kecil dan alat-alat tulis.
  2. Apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga (misalnya: mati listrik, jaringan internet terputus dan lain-lain), maka panitia memiliki hak diskresi untuk menambah waktu kompetisi menjadi lebih lama dari 5 jam, sesuai yang diperlukan.
  3. Peserta yang melakukan kecurangan akan mendapatkan sanksi berupa nilai 0 atau bahkan didiskualifikasi. Kecurangan misalnya, namun tidak terbatas, pada:
    1. Melakukan komunikasi dengan peserta lain atau juri selama kompetisi berlangsung di luar sistem yang telah disediakan.
    2. Mengakses akun peserta lain.
    3. Mengakses komputer atau jaringan lain selain yang diperbolehkan.
    4. Mencoba untuk mengakses root komputer.
    5. Mencoba untuk merusak sistem grader.
    6. Mengganggu peserta lain.